#UninstallPergaulanBebas

Spread the love

 

 

Oleh: Yunita Gustirini
[Revowriter Bandar Lampung]

 

Sahabat, mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah uninstall. Yups! Uninstall adalah cara untuk menghapus aplikasi pada android. Tentu ada maksudnya kita melakukan uninstall. Yaitu untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting dan tidak dibutuhkan. Agar tidak memenuhi ruang penyimpanan, sehingga androidmu akan lancar, bebas lemot.

Jadi, uninstall itu seperti gerakan bersih-bersih, ya guys. Bukan cuma aplikasi yang tidak penting yang kudu dihapus dari android. Hal-hal buruk juga kudu di-uninstall alias dihapus dari hidupmu, Sahabat. Salah satunya, meng-uninstall pergaulan bebas yang marak dilakukan oleh remaja akhir-akhir ini.

Nih, buktinya, guys! Polres Lampung Timur mengungkap kasus bisnis prostitusi anak di bawah umur berstatus pelajar di wilayah Lampung Timur (lampost.co, 10/1/2019). Ditemukan juga para pelajar SMA yang menjajakan teman mereka di prostitusi online (radarlampung.co.id, 29/12/2018).

Bahkan Direktur Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Lampung menemukan kejadian ada sebuah SMP di Lampung yang 12 siswinya hamil (tribunnews.com, 2/10/2018). Miris ya.

Pergaulan bebas remaja tak hanya marak terjadi di Lampung, juga di berbagai kota di Indonesia. Bila kondisi ini dibiarkan, tentu membahayakan nasib generasi muda sebagai tonggak kemajuan bangsa. Akibatnya, masa depan bangsa bisa terancam. Maka sungguh, kita sudah berada pada kondisi darurat pergaulan bebas. Catat!

Sebenarnya, beberapa upaya sudah dilakukan pemerintah maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk mengatasi masalah ini. Pemerintah telah menggulirkan Program Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), program Cerita Remaja Indonesia (Ceria) dan program Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR).

Sayangnya, program-program yang ada tidak berhasil menuntaskan masalah. Karena program-program tersebut tidak menjadikan aturan Allah (Islam) sebagai landasan. Justru sistem kebebasan ala Barat yang diadopsi. Sehingga setiap orang bebas melakukan seks bebas asalkan aman dan tidak mengganggu orang lain. Alih-alih memberantas, malah membuat perilaku seks bebas di kalangan remaja meningkat. Dengan kata lain, program yang ada belum menjadi solusi, malah memprovokasi. Duh!

Sob, tentu kita tidak mau masa muda kita hancur dihantam pergaulan bebas kan? Maka kita harus melakukan gerakan #UninstallPergaulanBebas. Berikut beberapa upaya yang kudu dilakukan: Pertama, mempelajari Islam. Dengan pemahaman Islam yang dimiliki, kita akan mengerti hal-hal yang diperintahkan Allah. Kita juga akan waspada menghindari semua yang dilarang Allah. Seperti firman-Nya,

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra: 32)

Kedua, menyadari bahwa Allah Maha Mengawasi. Kita harus selalu merasa diawasi Allah, sehingga bersikap hati-hati dalam berbuat. Karena semua yang kita lakukan akan dimintai pertanggungjawaban kelak di akhirat.

Allah Swt sudah mengingatkan kita di dalam Alquran,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6).

Ketiga, beramar makruf nayhi munkar. Saling mengingatkan pada remaja muslim untuk menjauhi perbuatan seks bebas. Karena ada azab yang pedih dari Allah bagi para pelaku zina. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw, “Jika zina dan riba telah tersebar luas di suatu negeri, sungguh penduduk negeri itu telah menghalalkan bagi diri mereka sendiri azab Allah.” (HR. Hakim).

Keempat, berdakwah. Setelah mempelajari Islam, kita dapat menyampaikan ajaran Islam nan mulia pada teman-teman. Sehingga semakin banyak generasi muda yang paham Islam. Agar kita termasuk orang-orang yang memperjuangkan kembalinya kejayaan peradaban Islam, InsyaAllah. Maka, kini saatnya kita lakukan #UninstallPergaulanBebas.

Wallahua’lam bish-shawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *